Daerah

Kunjungi Irigasi Air Piantan, Bupati Kopli Ansori Usulkan di Anggaran 2022 Untuk Normalisasi

FajarBengkulu.com, Lebong – Setelah adanya laporan masyarakat atas kerusakan hulu irigasi, yang diduga diakibatkan dari banjir Air Piantan yang berada di Desa Pelabuhan Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong Bahkan kerusakan pada hulu irigasi tersebut, mengakibatkan hamparan sawah masyarakat mengalami kesulitan air.

Atas laporan tersebut segera Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi turun kelapangan memantau kawasan irigasi yang berasal dari Air Piantan tersebut pada siang hari jumat (07/05) serta didampingi Anggota Komisi II DPRD Lebong Pip Haryono, Asisten I, Plt Kadis DPUPRP Lebong beserta Bidang SDA. Kemudian Kadis Pertanian dan Perikanan bersama jajaran, BPBD Lebong, Camat Bingin Kuning dan Kades Pelabuhan Talang Leak.

Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Lebong Fahrurrozi menjelaskan nantinya akan memrogramkan dengan dilakukannya normalisasi aliran sungai Air Piantan dan pembangunan irigasi yang rusak, dan anggaran serta pengerjaan dimasukan dalam program usulan tahun anggaran 2022.

“Yang perlu kita dahulukan yaitu melakukan normalisasi sungai sepanjang sekitar 1,5 KM dan perbaikan irigasi yang sudah dibangun. Karena manfaatnya hampir 150 hektar hamparan sawah yang diawali dari Desa Pelabuhan Talang Leak hingga Talang Leak II dan itu sangat dibutuhkan masyarakat,” ungkap Kopli Ansori usai melihat langsung irigasi dan aliran Air Piantan, Jum’at (07/05).

Kopli Ansori juga menjelaskan, terkait langkah awal yang harus dilakukan, untuk perbaikan irigasi dirinya menyarankan agar bisa dibangun melalui Dana Desa, agar air irigasinya bisa digunakan secepatnya. Kalaupun memang tidak bisa, lanjutnya, berarti harus menunggu anggaran tahun 2022.

“Dari hasil pembahasan awal, estimasi anggaran yang diperlukan sekitar Rp. 3,5 Miliar untuk kegiatan normalisasi sepanjang 1,5 KM. Selain normalisasi dan bangun irigasi, kita juga masih menghitung apakah akan dibangun beronjong atau pelapis tebing,” tegasnya.

Untuk diketahui, dilokasi kunjungan tepatnya dipinggiran aliran Air Piantan. Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wabup Lebong Fahrurrozi bersama beberapa instansi yang hadir,  sempat membahas langkah-langkah yang harus dilakukan Pemkab Lebong untuk kedepanya.[Act]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button