Nasional

SPBE Terbaik Se-Sumatera, Kopli Ansori Terima Penghargaan dari Presiden Joko Widodo

fajarbengkulu, jakarta – Mengukir sejarah baru dimana Pemerintah Kabupaten Lebong dalam mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) akhirnya mendapatkan balasan yang sepadan. Dimana Lebong dinobatkan sebagai satu-satunya kabupaten di pulau Sumatera dengan peningkatan atau kenaikan indeks SPBE signifikan dan berhak atas Digital Government Award SPBE Summit Tahun 2024.

Atas capaian itu, orang nomor satu di Bumi Swarang Patang Stumang tersebut diundang ke Istana Negara di Jakarta untuk menerima penghargaan langsung dari Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/5/2024). Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan dalam gelaran SPBE Summit Tahun 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia.

Mengenakan batik biru dipadankan dengan celana dasar hitam, kepala daerah termuda se Provinsi Bengkulu itu tampak tersenyum bahagia sekaligus bangga datang ke Istana Negara atas nama daerah yang meraih indeks terbaik Se-Sumatera.

Bupati Kopli Ansori (tengah) bersama para Kepala OPD di lingkup Pemkab Lebong dalam acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara Jakarta, Senin (27/5/2024)

Saat memberikan arahan, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah daerah menghentikan pembuatan aplikasi-aplikasi baru. Pemerintah daerah didorong untuk fokus memperbaiki dan membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi yang memadai.

“Berhentilah membuat platform-platform baru,” tegas Presiden Jokowi, dikutip dari akun youtube resmi Sekretariat Presiden. Sementara itu, Bupati Kopli Ansori menuturkan, Pemkab Lebong akan menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi dengan bertahap mewujudkan transformasi digital terintegrasi dan bisa menyentuh semua lini.

Bupati Lebong Kopli Ansori Bersama Preiden RI Joko Widodo

“Kami akan melanjutkan apa yang diamanatkan Bapak Presiden kita di daerah. Digitalisasi masalah tantangan yang harus kita hadapi dengan cerdas,” ujar Bupati Kopli.

Pada kesempatan itu, Bupati Kopli juga mengucap syukur atas capaian Pemkab Lebong sebagai daerah dengan peningkatan indeks SPBE signifikan se-Sumatera. Ia juga mengapresiasi kinerja Dinas Kominfo SP sebagai OPD teknis atau leading sector digitalisasi.

“Alhamdulillah, kita bersyukur atas penghargaan Digital Government Award yang telah diraih. Di Provinsi Bengkulu, di Sumatera umumnya, kita mendapatkan penghargaan kategori peningkatan indeks signifikan. Ini tentu mendorong Pemerintah Kabupaten Lebong untuk terus fokus meningkatkan infrastruktur agar Kabupaten Lebong semakin melek digital,” ungkap Bupati Kopli.

Diketahui, ada sebanyak 65 kabupaten, kota, provinsi dan K/L (Kementerian/Lembaga) yang menerima penghargaan dari berbagai kategori.

Acara penganugerahan tersebut berlangsung semarak dan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Tohir dan para pejabat kementerian dan lembaga lainnya.

Ikut menemani para kepala OPD ikut mendampingi. Seperti, Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Danial Paripurna SE, Kepala Bappeda Erik Rosadi SSTP MM, Kepala Dinas PMD Saprul SE, Kepala Disperkan Hedi Parindo SE, Kepala Dinkes Rachman SKM MSi, Plt Kepala BKD Riswan Effendi SE MM dan Plt Kepala BKPSDM Beny Kodratullah MM serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Fendi SE. Ikut pula beberapa pejabat eselon lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button