DaerahKisah

SMAN 5 Lebong Sukses Laksanakan Pekan Digital Dan Launching Aplikasi SIP-MAS

fajarbengkulu.com, Lebong – Dilaksanakan di komplek SMA Negeri 5 Lebong, pembukaan Pekan Digital dan Launching Aplikasi SIP-MAS SMAN 5 Lebong dalam rangka kegiatan Generasi Eksis (Genesis) ke II yang dibuka Bupati Lebong Kopli Ansori, Senin (14/06). Selain Launching SIP MAS SMAN 5 Lebong, pekan digital yang berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (16/06).

Kegiatan antara lain mengadakan Kompetisi minecraft untuk tingkat SD dan SMP yang diikuti 20 orang siswa -siswi, 8 kelompok untuk lomba Vlog Pendidikan SD dan SMP serta 24 peserta dalam pelatihan google site untuk guru dan siswa SD, SMP dan SMA se Kabupaten Lebong.

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Lebong mulai melakukan pembelajaran secara online melalui sebuah aplikasi digital bernama SIP-MAS SMAN 5 Lebong yang berbasis manajemen administrasi sekolah. Pembelajaran berbasis digital merupakan satu-satunya sekolah di Kabupaten Lebong yang baru menerapkannya.

Bupati Lebong Kopli Ansori yang membuka langsung acara tersebut memberikan apresiasi kepada Kepsek dan dewan guru SMAN 5 Lebong, yang menjadi pelopor sekolah digital dalam menyiapkan generasi yang paham teknologi. Dirinya berharap apa yang sudah dilakukan SMAN 5 Lebong tersebut, dapat menjadi acuan dan diikuti seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Lebong.

Penerapan pembelajaran secara online oleh SMAN 5 Lebong merupakan salah satu bukti kesiapan Kabupaten Lebong menghadapi era globalisasi digital.

“Momentum ini sebagai semangat kita bersama dan saya selaku Bupati Lebong mengintruksikan SD dan SMP harus mulai dan menekuni digitalisasi di sekolah. Zaman sekarang ini orang sudah mulai menuju era digitalisasi, karena untuk melahirkan SDM yang siap menyambut era globalisasi, tentunya pihak sekolah harus peka dan mulai menerapkan sistem pembelajaran dengan mengenalkan digitalisasi disekolahnya,” tegas Kopli Ansori.

Bupati Lebong Kopli Ansori menyampaikan pesannya saat diwawancarai oleh Media Center SMANLI TV menyampaikan pesan, meskipun baru satu-satunya sekolah yang telah menerapkan pembelajaran berbasis online. Namun tidak menutup kemungkinan kedepan akan dikuti oleh sekolah lainnya, baik itu mulai dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Berinovasi terus untuk SMAN 5 Lebong dan jangan sampai kedepan karena merasa yang pertama menerapkannya, malah dikalahkan oleh SD maupun SMP,” pesan Bupati

Ferdiyan Midas M.Pd selaku kepala sekolah SMAN5 Lebong mengatakan tentang aplikasi , untuk memperlancar siswa menggunakan aplikasi SIP-MAS, sekolah telah mempersiapkan sebanyak 132 smartphone jenis Tablet untuk dipergunakan disekolah dan smartphone tersebut merupakan bantuan dari Afirmasi tahun 2020 yang lalu.

“Iya, sudah disiapkan HP untuk pemakaian disekolah sebanyak 132 Unit, tujuanya untuk memperlancar penggunaan aplikasi,” Jelas Kepala Sekolah yang biasa disapa Pak Yayan.

Untuk kegiatan yang dilombakan, pemenang antara lain :

Kompetisi Minecraft Tingkat SD

  1. Daffa Raditya Hidayat dari SDN 67 Lebong
  2. Ainur Ridho dari SDN 67 Lebong
  3. Riski Paihan dari SDN 52 Lebong

Kompetisi Minecraft Tingkat SMP

  1. Rizki Jamil dari SMPN 02 Lebong
  2. Abdul Muhyi Ash Sidqi dari SMPN 13 Lebong
  3. Feri Idwar Efendi dari SMPN 02 Lebong

Kompetisi Vlog Tentang Pendidikan

  1. Kelompok Abdi Ridho dari SMPN 01 Lebong
  2. Kelompok Annisa Salsabila dari SMPN 02 Lebong
  3. Kelompok Davina Angelica dari SMPN 02 Lebong

Terbaik Google Sites

  1. Fadli Omi raharjo dari SDN 63 Lebong
  2. Resta Pangilia dari SMAN 3 Lebong
  3. Prabu Buana E dari SMPN 01 Lebong

Semua peserta diberikan sertifikat dan untuk para juara satu sampai tiga diberikan uang pembinaan serta medali gunanya agar menjadi semangat dalam berkarya serta tetap menjadikan internet dengan kegiatan yang positif.

“Kita berikan apresiasi kepada semua peserta dan kepada para juara diberikan medali serta uang pembinaan, semoga menjadi pendorong untuk terus berkarya dan menjadi siswa yang inovatif,” tutup Yayan. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button