Daerah

Disparpora Lebong Ajak Kwarcab Lebong Dalam Peningkatan Sektor Pariwisata

fajarbengkulu, Lebong – Pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme dan mutu para pembina pramuka, bertempat di Hotel Asri Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara, pada rabu pagi (29/09) yang dimotori Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong dengan tujuan agar sektor pariwisata yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu,. Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0708 Kabupaten Lebong menyambut baik rencana kerja dari Disparpora.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong Eddy Ramlan menyampaikan, bahwa pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kecakapan para Pembina pramuka demi mendorong terbentuknya Saka (Satuan Karya) Pariwisata.

“Kami berharap tahun ini bisa terbentuk Saka Pariwisata sehingga bisa membantu, menjadi pelopor, pemandu atau juga sebagai pelaku dari industri pariwisata,” jelas Eddy. Dia mengatakan, pelatihan serupa diupayakan terus berlanjut. Tidak hanya bagi para pembina, tetapi juga meng-cover seluruh anggota Pramuka di Kabupaten Lebong.

“Ini tentunya dalam rangka menunjang dan membantu pemerintah daerah, dalam hal ini Disparpora. Jadi, kita upayakan untuk memanfaatkan potensi-potensi pemuda di Lebong. Karena, pramuka memang wadah candradimuka untuk menyiapkan masa depan para anggotanya itu sendiri,” papar dia. Eddy menuturkan, materi yang disampaikan, tak hanya terkait keterampilan dan kecakapan di bidang kepramukaan, tetapi juga berkenaan dengan struktur organisasi.

Pria yang pernah meniti karir di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu ini juga menyampaikan harapan agar di tahun 2022, anggaran untuk pelatihan semacam itu serta kegiatan kepramukaan bisa ditambah.

“Harapan kita juga bisa terwujud bumi perkemahan di Lebong. Tidak hanya untuk kegiatan kepramukaan, tetapi juga bisa menunjang pariwisata,” demikian Eddy.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab 0708 Lebong Elpian Sori SPd menyampaikan apresiasi atas pelatihan yang digelar oleh Disparpora dengan melibatkan para Pembina dari masing-masing kecamatan.

“Selain itu, kami juga meminta Disparpora ke depan bisa memfasilitasi kreatifitas atau keterampilan dari Pramuka,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain Kepala Disparpora Kabupaten Lebong Ir Eddy Ramlan M.Si, Ketua Harian Kwarcab 0708 Elpian Sori dan kegiatan ini juga dihadiri para pembina dari 12 kecamatan se Kabupaten Lebong. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button