Daerah

Terbaik Se-Sumatera, Indeks SPBE Lebong Meningkat Signifikan

fajarbengkulu, lebong – Pemerintah Kabupaten Lebong kembali menorehkan pencapaian Dalam dunia Teknologi dan Informasi. Yaitu di bidang digitalisasi berupa penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Indeks SPBE Kabupaten Lebong meningkat secara signifikan, berada di angka 2,9. Atas capaian mentereng tersebut, Bupati Lebong Kopli Ansori SSos diganjar penghargaan dari Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Penghargaan ini sendiri dijadwalkan akan diterima Bupati Kopli dalam acara bertajuk “SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia” bertempat di Istana Negara Jakarta pada Senin (27/5/2024).

Penghargaan kali ini terasa semakin istimewa dan luar biasa. Bagaimana tidak, Lebong tercatat sebagai yang terbaik dan satu-satunya kabupaten se-Sumatera yang mendapatkan predikat itu. Mayoritas, penghargaan diperoleh oleh Pemkab/Pemkot di pulau Jawa yang memiliki jaringan telekomunikasi baik dan SDM mumpuni.

Tampak jajaran Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong saat menggelar rapat di ruang Kepala Dinas Kominfo-SP, membahas terkait penghargaan atas indeks SPBE Kabupaten Lebong yang naik signifikan dan meraih penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo

Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong Danial Paripurna SE melalui Kabid Egov SP, Widian Mantabes SKom menuturkan, penghargaan ini didapat setelah melalui proses panjang di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori.

“Di tahun 2021-2022, kami fokus pada kegiatan hulu yaitu pembangunan jaringan telekomunikasi yang masif yakni 6 unit BTS tersebar di dalam kabupaten. Selanjutnya di tahun 2023, kami mulai di sektor hilir, yaitu digitalisasi, baik di sektor pemerintahan yaitu SPBE dan di sektor swasta yaitu meneruskan program Wifi publik. Alhamdulillah sekarang mulai menuai hasilnya,” ungkap Widian yang diamini Kabid IKP Gunaidi SE MAk.

Widian menambahkan, hasil tersebut tak lepas dari terintegrasinya sistem digitalisasi pemerintahan Kabupaten Lebong melalui Dinas Kominfo SP. Selain itu kerjasama intensif dengan Kementerian Kominfo, PT Telkom dan jaringan berita nasional juga sangat mempengaruhi perolehan penghargaan ini. Karena itu kerjasama tersistem akan terus dilanjutkan.

Di tahun berikutnya, lanjut Widian, indeks SPBE Pemkab Lebong akan ditingkatkan dari 2,9 menjadi di atas 3 poin sesuai Perjanjian Kinerja Kepala OPD dengan Bupati Kopli Ansori.

“Kami bergerak dari angka 1, kemudian 2 dan seterusnya menjadi 3 koma basis poin. Berkat dukungan pimpinan, kami yakin dan percaya,” tandas Widian.

Diketahui, gelaran SPBE Summit bertajuk “SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia” diinisiasi oleh Kemen PAN RB.

Terdapat 58 bupati dan 25 walikota serta 38 gubernur yang diundang khusus pada acara tersebut selain K/L di tingkat pusat. Namun hanya 65 daerah yang akan mendapat penghargaan berbagai kategori. (**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button