OlahragaOtomotif

Tembus Hujan dan Merajai WSBK Mandalika, Jonathan Rea Kuasai Sirkuit

fajarbengkulu, sport – Jonathan Rea menjadi raja Sirkuit Mandalika usai menyapu bersih dua balapan WSBK Mandalika 2021.  Pada race 2 WSBK Mandalika, Jonathan Rea (Kawasaki) memberikan penampilan maksimal kendati gelar juara WSBK 2021 sudah pasti melayang ke tangan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha).

Sang pebalap Kawasaki itu muncul sebagai pemenang race 2 WSBK Mandalika 2021 digelar di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/22/2021) sore pukul 15.30 WIB. Rea finis di depan Scott Redding (Aruba.It Ducati), Michael van der Mark (Motorrad BMW), Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha), dan Tom Sykes (Motorrad BMW).

WSBK Mandalika 2021 yang berlangsung Minggu pukul 10.00 WIB, Rea juga muncul sebagai yang tercepat. “Hari yang super, sangat bahagia. Setelah FP1 kami menghadapi sejumlah kesulitan. Namun, bisa bangkit dan menang di lintasan basah dan kering, saya sangat bahagia,” kata Jonathan Rea seperti dikutip dari Crash.

“Terutama buat fan di Mandalika dan bisa membalap di race 2 sangat menyenangkan. Saya berharap mereka memakai periode setelah hujan lebat untuk berkata ya (untuk memulai balapan),” ujar Rea menambahkan. Balapan 2 WSBK Mandalika sejatinya dijadwalkan berlangsung pukul 14.00 WIB.

Akan tetapi, hujan lebat yang mengguyur Sirkuit Mandalika lagi-lagi membuat balapan harus tertunda, persis seperti yang terjadi pada race 1. Setelah menunggu kurang lebih satu setengah jam, balapan 2 WSBK Mandalika akhirnya terlaksana.

Race 2 WSBK Mandalika berlangsung dalam trek basah karena hujan tak sepenuhnya berhenti mengguyur Sirkuit Mandalika. Lantaran kondisi cuaca khusus ini, race 2 WSBK Mandalika diputuskan hanya berlangsung dalam 12 lap. Sebagai catatan, dalam kondisi normal, balapan seharusnya digelar dalam 21 putaran. “Ketika saya tahu balapan akan dilangsungkan, saya sangat bersemangat. Saya mencoba mencatat kecepatan bagus sejak start, tetapi Toprak dan Scott juga sangat cepat.”

“Saya mengerti betapa cepatnya mereka. Saya hanya membalap dengan sikap tanpa beban dan melaju dengan kecepatan tinggi,” ujar Rea. Trek basah tampak menyulitkan sejumlah pebalap untuk bermanuver. Leandro Mercado (MIE Honda Racing) dan Axel Bassani (Motocorsa Ducati) bahkan gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh.

Pada lap-lap awal race 2 WSBK Mandalika, Jonathan Rea (Kawasaki) dan Scott Redding (Aruba.It Ducati) sempat bergantian memimpin. Sang juara WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha), membayangi di posisi ketiga. Menjelang akhir balapan, posisi Toprak Razgatlioglu malah melorot satu setrip ke tangga keempat. Toprak Razgatlioglu disalip oleh pebalap Motorrad BMW, Michael van der Mark.

Pada akhirnya, Jonathan Rea menegaskan status sebagai raja Sirkuit Mandalika dengan kemenangan pada race 2. Walau begitu, kemenangan Rea dalam race 1 dan 2 WSBK Mandalika 2021 tak cukup menggaransi lahirnya titel juara.  Rea harus puas berada di peringkat dua klasemen pebalap WSBK 2021 dengan koleksi 551 poin, terpaut 13 angka dari sang juara, Toprak Razgatlioglu.  “Kami bisa jujur berkata bahwa kami tak menyesal musim ini. Saya membalap dengan maksimal. Saya membalap dengan segenap hati di setiap race dan saya sangat puas.”

“Selamat buat Toprak dan tim. Mereka melalui musim yang luar biasa. Mereka sangat cepat dan hal itu membuat saya berkembang sebagai seorang pebalap,” ujar Rea, juara WSBK enam kali beruntun pada rentang 2015-2020. (**)

Sumber

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button