Daerah

Dipimpin Bupati Lebong, 120.162 Ekor Tikus Hasil Gropyokan “Diabukan”

fajarbengkulu, lebong – Dalam kegiatan serta menanggulangi wabah dan menekan hama tikus untuk keberlangsungan program musim tanam kesatu (MT-1) dan Musim Tanam kedua (MT-2) di Kabupaten Lebong, dukungan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong melaksanakan pengendalian dan pembasmian hama tikus dengan metode Goproyokan. Dimana Goproyokan ini merupakan salah satu teknik pengendalian hama tikus di areal persawahan dengan memburunya secara langsung, melalui pembongkaran dan penangkapan tikus. Kemudian dari hasil perburuan tikus tersebut dihargai Rp 3 ribu perekornya.

Dilaksanakan di area Kantor Disperkan Lebong Senin (17/10/2022) siang, kegiatan pemusnahan ekor tikus sebanyak 120.162 ekor dengan sistem dibakar. Jumlah tersebut merupakan hasil Goproyokan tikus dari beberapa kecamatan, yang dikumpulkan terhitung sejak bulan Juni hingga Oktober 2022. Acara pemusnahan ekor tikus hasil Goproyokan itu dipimpin langsung Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Plt Kadis Disperkan Hedi Parindo, serta dihadiri Ketua Komisi III DPRD Lebong Rama Chandra, Pabung TNI 0409 RL Letkol L Damanik, Kasat Binmas Polres Lebong Iptu Kuat Santosa dan Kasi Intelijen Kejari Lebong Minang Zazali. Tampak hadir juga sejumlah Camat, Kepala Desa dan perwakilan Kelompok Tani.

Plt Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan masyarakat yang ikut serta dalam gerakan pengendalian hama tikus dengan sistem Goproyokan. Kemudian unsur Forkompinda yakni DPRD, TNI, Polri dan Kejari Lebong, yang telah mendukung penuh upaya Disperkan Lebong, dalam pelaksanaan program Bupati Kopli Ansori dan Wabup Fahrurrozi yakni program MT-2 di Kabupaten Lebong.

“Dukungan semua pihak tentunya akan menguatkan kami, untuk tetap semangat mengajak masyarakat untuk ikut serta melaksanakan program Pak Bupati, selain untuk meningkatkan IP Pertanian, juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program tanam dua kali setahun. Termasuk program pengendalian hama tikus melalui metode Goproyokan ini,” ungkap Hedi Senin (17/10/2022) siang.

Sementara itu, Bupati Lebong Kopli Ansori menyebutkan, Pemkab Lebong melalui Disperkan Lebong akan senantiasa melakukan dukungan-dukungan kepada masyarakat yang ikut serta dalam program MT-2. Selain pendampingan langsung ke Petani, Pemkab Lebong juga ikut melaksanakan pembasmian hama tikus baik itu dengan metode diracun, serta pembahasan hama tikus dengan metode Goproyokan.

“Hari ini kita melaksanakan pemusnahan ekor tikus hasil Goproyokan. Sebanyak 120.162 ekor tikus kita musnahkan dari sejumlah kecamatan yang ikut Goproyokan. Untuk Intensif pereekor tikus masih tetap dengan nilai sesuai Perbup sebelumnya. Harapannya tidak ada lagi ketakutan masyarakat untuk ikut MT-2 maupun MT-1, karena Pemkab Lebong akan selalu berkomitmen mendamping petani,” demikian Bupati. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button