DaerahKisah

Afrildo Dukung Penuh MT2, Sebagai Program Unggulan Kabupaten Lebong

fajarbengkulu, lebong – Salah satu program unggulan Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd yakni turun tanam minimal dua kali setahun untuk mencapai Indeks Pertanaman (IP) 200, disambut baik oleh Desa Talang Leak II Kecamatan Bingin Kuning. Sekitar  70 hektar yang ada di desa Talng Leak 2.

Kepala Desa yang baru saja dilantik beberapa bulan lalu. Menjadi sorotan dimana sosok tersebut yang menjadikan perencanaan tanam dua kali ini akan terealisasi didesa yang berkecamatan di Bingin Kuning.

Afrildo saat berbincang ringan dengan awak media pada Kamis (12/5/2022) siang, ia bercerita tentang keseriusannya dalam mendukung program yang pro rakyat itu.  Apalagi memang adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah Lebong, khususnya Bupati dan wakil Bupati.

Nantinya ia akan mematangkan penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Tahun 2022, pihak pemerintah desa mengalokasikan 20 persen Dana Desa untuk menyokong pelaksanaan MT-2.

“Saya juga membentuk panitia MT-2 tingkat Desa Talang Leak II. Jadi, kalau ada perangkat desa yang tidak mau ikut MT-2, panitia yang ambil alih. Kemudian, warga yang menyanggupi, membuat surat pernyataan. Jadi, tidak asal bilang sanggup,” tegas Afrildo.

Disinggung soal kemungkinan adanya penambahan areal MT-2, pria yang lama menggeluti usaha depot kayu ini mengamini. Kata Afrildo, persawahan di seberang sungai Ketahun yang tak jauh dari kawasan permukiman warga desa tersebut, kemungkinan juga akan digarap pada musim tanam kedua.

Saat ini, tambahnya, mayoritas warga yang telah menyanggupi ikut MT-2, sedang menunggu padi Batet (Istilah Bahasa Rejang : Padi yang masih tersisa di batang setelah panen). Jadi, belum seluruhnya turun menggarap lahan.

 “Kemungkinan besar bertambah, yakni di areal seberang sungai Ketahun. Tapi, panitia MT-2 yang sudah saya bentuk, belum melapor perkembangan terbaru. Terkait Batet yang saat ini masih ditunggu petani, itu sekitar semiggu lagi panen. Setelah itu, mereka langsung menggarap lagi lahan,” papar Afrildo.

Afrildo optimistis MT-2 akan berhasil. Sebab, Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) di bawah arahan dan pengawasan langsung Bupati Kopli Ansori, mendukung penuh. Di tahap awal gerakan turun tanam ini saja, aku Afrildo, pihaknya telah mendapatkan bantuan bibit unggul, racun untuk pengendalian hama dan pinjam pakai handtractor sebanyak tiga unit.

 “Jadi, tidak ada alasan lagi warga Talang Leak II tidak ikut. Seperti yang selalu disampaikan Pak Bupati, MT-2 manfaatnya adalah untuk kita sendiri. Untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” tutupnya.(Act/Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button