Daerah

Bupati Lebong Pantau Pekerjaan Irigasi Cendam Atas Senilai 2,6 Milyar

fajarbengkulu, lebong – Setelah meninjau Pasar Modern serta pembangunan jalan hotmix menuju desa Ketenong, kali ini Bupati Lebong Kopli Ansori memantau perkembangan pembangunan jaringan irigasi Cendam Atas yang berlokasi di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning, dengan anggaran senilai Rp. 2,6 Milyar milik Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP-Hub) Kabupaten Lebong pada Rabu (9/11/2022).

Bupati Lebong Kopli Ansori Menerangkan, Infrtasruktur sangat penting dalam menunjang mobilitas pertanian, jalur irigasi serta penunjang bagi petani dalam melakukan kegiatan usaha apalagi Lebong merupakan Kabupaten yang memiliki hamparan sawah terluas kedua di Provinsi Bengkulu.

“Hamparan persawahan di Kabupaten Lebong merupakan hamparan terluas kedua di Provinsi Bengkulu. Sudah barang tentu kami jajaran pemerintah memprioritaskan sarana prasarana penunjang sektor pertanian untuk tumbuh secara positif. Seperti hari ini, kita meninjau pembangunan sarana irigasi kawasan Air Cendam Atas, sehingga masyarakat yang selama ini hamparan persawahan yang belum dimaksimalkan atau tidak produktif, Insyah Allah tahun depan sudah mulai produktif,” terang Bupati.

Kopli Ansori juga dalam peninjauan kegiatan irigasi Cendam Atas merupakan salah satu komitmen pihaknya, untuk melihat langsung progres pembangunan yang nantinya untuk kepentingan masyarakat petani yang selama ini belum optimal, karena terkendala dengan jaringan irigasi.

“Pemkab Lebong memperioritaskan pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi disektor pertanian, denganĀ  memperhatikan terus peningkatan sarana irigasi di Kabupaten Lebong. sehingga pemanfaatan sumber airnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

Dalam hal ini, Kepala DPUPR-Hub Lebong Joni Prawinata didampingi Kabid SDA Arman Yunizar menyampaikan, sesuai arahan Bupati Lebong Kopli Ansori, pihaknya akan secara berkala, terus memonitoring progres pembangunan Irigasi Cendam Atas di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning. Apalagi jaringan irigasi yang dibangun tersebut, cakupan wilayah hamparan persawahannya sangat luas hingga ke Kecamatan Lebong Tengah.

“Kita optimis pembangunan irigasi Cendam Atas akan selesai tepat waktu dan segera dimanfaatkan. Apalagi ini salah satu program prioritas pak Bupati Kopli Ansori, untuk peningkatan ekonomi masyarakat petani. Pastinya kami akan selalu mengawasi progres pembangunannya,” tutup Joni.

Ikut serta dalam kunjungan ke area aliran cendam mendapingi Bupati Lebong yaitu Kepala DPUPR-Hub Lebong Joni Prawinata beserta jajaran, Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo, Kepala Diskominfo SP Lebong Saprul, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta sejumlah Kepala OPD terkait, Camat Bingin Kuning dan Kades Talang Liak I. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button