DaerahMakanan

Menjelang Ramadhan, Komoditas Bahan Pokok Merangkak Naik

fajarbengkulu, Lebong – Sejumlah harga komoditas pangan di pasar tradisional mulai merangkak naik. Harga barang pokok berpotensi naik seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat mendekati bulan suci Ramadan yang akan masuk dalam satu pekan ke depan.

Berdasarkan pantauan fajarbengkulu di Pasar Rakyat Lebong, harga bahan pokok yang mulai naik yakni bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit dan daging ayam. Pedagang pasar, Sri menuturkan harga satu kilogram bawang merah saat ini dijualnya sekitar Rp 27 ribu – Rp 30 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut sudah mengalami kenaikan Rp 2 ribu – Rp 3 ribu per kg dibandingkan harga pekan lalu.

Harga cabai keriting  juga terpantau masih tetap berada di atas Rp 45 ribu per kg. Sedangkan untuk bawang putih, harga masih stabil dikisaran di dibawah Rp 28 ribu -Rp 30 ribu per kg.

Selain masalah pasokan, permintaan masyarakat semakin meningkat namun tak dibarengi ketersediaan stok juga dinilai cukup mengkhawatirkan. Diketahui bahwa ketersediaan bahan pokok yang rata-rata impor dari luar daerah, seperti dari Rejang Lebong dan Bengkulu Utara. Sehingga, diperkirakan hal itu akan mendorong kenaikan harga.

Ditemui dipasar, Diah (33) salah satu pembeli yang rutin belanja saat minggu pagi menceritakan sudah biasanya ada kenaikan bahan pokok kebutuhan keluarga. Menjelang puasa dan menjelang lebaran, adanya kenaikan bahan pokok karena menurutnya wajar pada saat itu juga permintaan banyak dari konsumen.

“Beberapa barang memang naik sedikit karena masih wajar kita mau masuk bulan suci, pasti butuh bawang, cabe sebagai kebutuhan masak untuk sahur dan buka puasa,” terang Diah.

Kendati dari kenaikan bahan pokok yang ada dipasar, dibarengi juga dengan musim panen padi dibeberapa wilayah Kabupaten Lebong sehingga diharapkan adanya kestabilan tingkat belanja para konsumen. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button