Daerah

Sukseskan MT II, Dinas PUPR-Hub Lebong Segera Bangun Pintu Air Mbong III Karang Dapo

fajarbengkulu, lebong – Progres pembangunan irigasi berlanjut pada tahun 2023 ini, salah satunya yaitu pembangunan Pintu Air Mbong III yang berletak di Desa Karang Dapo Bawah Kecamatan BIngin Kuning yang akan dilaksanakan Dinas PUPR-Hub Kabupaten Lebong.

Seperti yang sudah diberitakan media portalbermano, dimana pintu air tersebut diterjang air pada 26/10/2022 tahun lalu, mengakibatkan posisi atap terbalik kedasar air, sehingga mengakibatkan laju air yang merupakan salah satu sumber pengairan sawah disekitar pintu air tersebut menjadi tidak lancar.

Kepala Dinas PUPR-Hub Joni Prawinata SE, MSi melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Arman Yunizar ST saat ditemui dikantornya yang beralamat di dua jalur perkantoran Tubei, kamis (02/03/2023) mengatakan bahwa pembangunan akan segera dilakukan pada waktu dekat ini.

Pintu Air Mbong III Desa Karang Dapo Bawah setelah diterjang air deras (26/10/2023). foto: portalbermano

“Proses perencanaan sudah rampung, akan dilaksanakan pada semester pertama pada tahun ini,” ungkap Arman.

Saat disinggung masalah anggaran yang akan digelontorkan, Arman juga menjawab bahwa anggaran yang akan digunakan untuk membangun pintu air Mbong III yang terletak di Desa Karang Dapo Bawah berkisar 1 Milyar.

“Anggaran berkisar 1 Milyar untuk pembangunan Pintu Air Mbong III,” tambahnya lagi.

Pembangunan yang sangat ditunggu oleh masyarakat terutama petani ini, memang sudah menjadi priorotas saat perencanaan dari Dinas PUPR Hub dimana seperti yang sering disampaikan Bupati Lebong Kopli Ansori dalam memperlancar program Musim Tanam 2 kali (MT-II).

Arman juga menjelaskan apabila pembangunan segera dilakukan saat selesainya petani dalam melakukan panen pertama (MT-I).

“Segera kita lakukan pembangunan saat rampungnya MT I disekitaran daerah tersbut, agar tidak terlalu mengganggu aktifitas masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain pembangunan pintu air Mbong III, Dinas PUPR Hub Lebong melalui bidang Sumber Daya Air juga akan membangun dan merenovasi 10 titik di jaringan Irigasi yang ada di areal persawahan di Kabupaten Lebong. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button