DaerahKisah

Bupati Kopli Ansori Pantau Lahan Persawahan Kawasan Cendam

FajarBengkulu.com, Lebong – Menindaklanjuti laporan masyarakat akan kesulitan air irigasi, Rabu (14/04/2021) pagi, Bupati Lebong Kopli Ansori, memantau langsung lahan persawahan kawasan Cendam Kecamatan Bingin Kuning. Dalam inspeksi mendadak (Sidak) tersebut, Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi didampingi seluruh Kepala Bagian (Kabag) Setda Lebong dan Anggota DPRD Lebong Dapil II Pip Haryono.

Dalam Sidak ini, Bupati Lebong Kopli Ansori mendapatkan informasi langsung dari masyarakat petani, yang mengeluhkan banyaknya lahan persawahan yang tidak bisa digarap karena air irigasi dari Bendungan pengendalian banjir yang sudah dibangun, tidak dapat mengantarkan air untuk masuk ke lahan mereka.

“Setelah melihat langsung, pembangunan bendungan ini memang dampaknya bisa mengaliri bagian hilir. Cuma bagian sini (kiri bendungan,red) posisinya masih tinggi, tidak mendapatkan air dan banyak lahan tidak tergarap,” ucap Bupati Lebong Kopli Ansori dilokasi bendungan Pengendalian banjir air Cendam.

Selain itu, lanjut Bupati Kopli, setelah melihat langsung pihaknya akan memikirkan bagaimana solusi terbaik, yang bisa dilakukan Pemkab Lebong pada tahun anggaran berikutnya.

“Kita akan cari solusi pada tahun 2022, apakah nanti kita meninggikan bendungan ditambah dibuat pintu air pembagian, supaya air terkontrol dan kawasan ini bisa digarap. Jadi intinya, kita akan memikirkan bagaimana solusi agar (kawasan) kiri pintu air ini bisa teraliri,” singkatnya.

Selain melihat kawasan pintu air Bendungan Cendam, rombongan Bupati Lebong juga melihat dan bercengkrama dengan masyarakat yang sedang melaksanakan panen padi.[BD1]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button