Daerah

Panen Padi 2 Kali Setahun, Lebong Pecahkan Mitos Dalam Bidang Pertanian

fajarbengkulu, lebong – Kerja keras Kepala Desa dan masyarakat Desa Talang Liak II Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, dalam melaksanakan program musim tanam kedua (MT-2) tahun 2022, akhirnya menuai hasil yang memuaskan., Mitos yang berkembang soal tanam dua kali dalam setahun terpecahkan dengan dibuktikan Kabupaten Lebong bisa panen dua kali setahun dengan dilaksanakannya panen raya padi MT-2 di lahan persawahan sekitar 130 hektar Kamis (20/10/2022) di Desa Talang Liak II.

Penyambutan tamu diawali dengan tarian adat Rejang memalui ritual budaya adat ayng berjalan khidmat, para tetamu disuguhi tarian serta penyambutan yang diiringi alat musik daerah.

Selain Bupati Lebong Kopli Ansori yang didampingi Wabup Lebong Fahrurrozi, ikut hadir  Unsur Forkompinda Lebong meliputi Ketua DPRD Lebong, Kajari Lebong, Ketua PN Tubei, Pabung TNI 0409 RL, Kasat Binmas Polres Lebong. Selanjutnya Sekda Lebong, Ketua TP PKK Lebong, Ketua Darma Wanita Lebong, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Kades. Sedangkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah diwakili Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunawan.

“Alhamdulillah hari kita sama-sama melihat upaya dan partisipasi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Talang Liak 2. Hasil sudah maksimal yang didapatkan masyarakat dan kelompok tani Talang Liak 2. Maka hari ini kita melaksanakan launching panen raya MT-2,” terang Bupati.

Dalam kesampatan itu Bupati Kopli mengapresiasi panen raya MT-2 serta memberi dukungan penuh apalagi dari Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Talang Liak II yang dengan sadar ikut serta dalam program MT-2. Dukungan masyarakat dan dukungan penuh Dana Desa 20 persen yang diberikan Kades Talang Liak II kepada masyarakatnya, untuk program berkelanjutan yang sifatnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan program berkelanjutan seperti ini bisa terealisasi didesa-desa di kecamatan lain pada tahun 2023. Dengan keputusan seperti ini, bisa menciptakan masyarakat Kabupaten Lebong yang bahagia dan sejahtera,” tambahnya.

Kemudian dari Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunawan juga menyampaikan pihaknya akan memberikan dukungan dan siap berkolaborasi untuk mensukseskan program MT-2 di Kabupaten Lebong. Ricky dengan gamblang mengatakan akan terus mendukung dariprogram Pak Bupati Lebong untuk meningkatkan Indek Pertanaman (IP) 200 di Kabupaten Lebong. “Kita akan mendukung melalui program provinsi maupun program pusat untuk mendukung program peningkatan IP 200 di Kabupaten Lebong. Tentunya kita akan tetap berkolaborasi untuk mendukung penuh program pak Bupati Lebong,” singkat Kadis Ricky.

Kesuksesan program MT-2 yang dilaksanakan di Desa Talang Liak II ternyata memang buah kerja keras dan kolaborasi yang baik, dari Pemdes Talang Liak II dengan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong. Seperti yang diungkapkan Kades Talang Liak II Afrildo.

Kepala Desa Talang Liak II Afrildo, pihaknya dari Pemdes memang merealisasikan program ketahanan pangan melalui Dana Desa 20 persen, kemudian dalam pelaksanaan kegiatannya pihaknya sangat terbantu dengan adanya dukungan bibit, pestisida, racun tikus dan program Gropyokan Tikus serta pendampingan jajaran Disperkan Lebong.

“Mulai dari turun tanam, penanggulangan hama dan perburuan tikus, kami selalu didampingi pihak Disperkan. Yang lebih memberi kami semangat dalam program MT-2 adalah kehadiran Pak Bupati Lebong Kopli Ansori, yang selalu datang memantau setiap tahapan yang dilakukan selama program MT-2 di desa kami dan selalu memberikan semangat moril kepada saya agar masyarakat Talang Liak II bisa bahagia dan sejahtera,” ungkap Kades Afrildo.

Dalam kesempatan itu, Afrildo menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Talang Liak II yang ikut serta dalam program MT-2. Kemudian ucapan terima kasih terkhusus kepada Bupati Lebong Kopli Ansori dan Kadis serta jajaran Disperkan Lebong, unsur Tripika Kecamatan Bingin Kuning yang selalu memberikan semangat bagi pihaknya dalam melaksanakan program MT-2 didesanya.

“Jika kami (Desa Talang Liak II,red) bisa, saya yakin desa-desa lainnya juga bisa melaksanakan program MT-2. Kalau boleh jujur, melihat senyum dan antusias warga ikut panen, ada kepuasan tersendiri yang tidak bisa saya ungkapkan. Yang jelas saya puas, bahwa program Pemkab Lebong yang kami laksanakan untuk masyarakat sudah terlaksana sesuai diharapkan,” demikian Afrildo.. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button