DaerahMakananWisata

Bupati Kopli Ansori Meninjau Langsung Kesiapan Sebelat Ulu Menjadi Desa Wisata Bertaraf Internasional

fajarbengkulu.com, Lebong – Pada hari kamis (10/06) sekira pukul 13.00 WIB Rombongan Bupati Lebong Kopli Ansori termasuk Ketua TP PKK Lebong Ibu Elvi Sukaesih, Asisten I Setda Lebong Jafri, Kabag Keprotokolan Setda Lebong Riki Irawan, Meninjau tahap kesiapan dari Pemerintah Desa Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis menjadi Desa Wisata kedatangan tersebut didampingi langsung oleh Kepala Desa Sebelat Ulu Ahmad Buhari beserta perangkat desanya

Saat kunjungan Bupati serta rombongan ternyata di desa tersebut sedang  berjalanya kegiatan dari Dinas Bappeda Lebong yang dimotori Robert Mantovani bersama ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata) yang diwakili oleh Khomarulzamman atau yang biasa disapa Irul dari perwakilan  ASIDEWI Provinsi Bengkulu.

Diperkirakan akhir tahun Pemerintah Kabupaten Lebong akan melaunching Desa Wisata Sebelat Ulu yang merupakan program strategi nasional yang mengarah kepada wisata, saat ini pula Pemerintah Desa Sebelat Ulu sedang melaksanakan pembangunan akses pendukung. Seperti pembangunan jalan rabat, pembuatan icon patung, 5 unit Glamping/homestay camping ground bagi para wisatawan.

“Kita akan membangun pendukung Desa Wisata yang diambil dari Dana Desa sebesar Rp 455 juta dengan tujuan menarik wisatawan untuk datang, seperti ikon patung pendakian, glamping, jalan rabat menuju glamping serta tempat kuliner khas rejang dari UKM yang ada di desa Sebelat Ulu,” Ujar Kepala Desa Sebelat ulu, Ahmad Buhari kamis siang (10/06).

Disela acara, Bupati Kopli Ansori juga diajak mencicipi makan siang dengan menu masakan khas Rejang yang telah disiapkan oleh ibu-ibu dari desa Sebelat Ulu, Kopli Ansori juga sangat antusias dengan semangat yang dilakukan Pemerintah Desa Sebelat Ulu, inisiatif tersebut selain dari Pemdes atau OPD teknis harusnya juga didukung penuh oleh masyarakat Desa Sebelat Ulu. Karena kenyamanan para wisata pendakian nantinya juga akan ada interaksi dengan warga setempat.

“Hari ini kita memantau langsung Desa Sebelat Ulu yang akan dijadikan Desa Wisata bertaraf internasional. Ternyata kesiapan dari Pemdes Sebelat Ulu memang sudah memperlihatkan hasil signifikan,” beber Bupati Lebong Kopli Ansori.

Harapan Kopli Ansori bahwa Desa Sebelat Ulu nantinya akan dipromosikan sebagai tujuan wisata tingkat basional bahkan internasional, dengan keindahan alam yang masih asri serta belum banyak terjamah dan wisata minat khusus seperti jalur pendakian Gunung Sebelat

“Kita berharap, sesudah dilaunching nanti, program Desa Wisata harus secara berkelanjutan. Dengan dukungan masyarakat nantinya, kita menyakini pengembangan Desa Wisata Sebelat Ulu dapat menjadi sorotan wisatawan luar. Selain itu juga kita dukung untuk pembangunan BTS (Base Transceiver Station) mini untuk kelancaran dalam komunikasi seluler dan internet serta promosi wisata,” tegas Bupati. (Act)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button